Minggu, 20 Desember 2015

Zenius, Bukan Sembarang Teman

     Hiiii! Perkenalkan namaku Deasy Lucyana, baruuuuuu banget aku jadi 18 tahun. Rasanya? Kayak ada manis-manisnya gitu :p. Akhir tahun gini pasti temen-temen SMA udah pada libur & lagi berburu diskon akhir tahun. Tapi apalah daya diriku masih menunggu datangnya UAS di kosan sempit ini. Btw, aku mahasiswi semester satu di Jaminan Mutu Pangan Program Diploma IPB. Tanggal 29 Desember nanti baru mau mulai UAS dan harusnya saat-saat ini adalah minggu tenang, tapi minggu tenang hanyalah mitos di IPB, Sob!. 
Mahasiswa di sini menjalani minggu tenang dengan bekerja Rodi. Dimulai dari kelas pengganti hari libur nasional, laporan praktikum, kuis, dan makalah responsi yang tak kunjung tuntas. Dan sekarang aku sadar, kuliah tak seperti yang ada di ftv. Jalan santai, pake sling bag yang mini, megang buku tipis di dada, tabrakan, bukunya jatoh, mungut bareng-bareng, saling tatap, senyum, kenalan, dan jadian. Gak gitu exactly. Disini aku malah lebih sering liat mahasiswa yang jalannya bungkuk gara-gara bawaan berat di ransel, belum lagi buku yang dijinjing. Beuh. 
Untuk materi mata kuliah sendiri, aku masih memelajari mata kuliah dasar seperti kimia, fisika, bahasa inggris, dll. Nah, ternyata zenius masih kepake banget disini. Sayang beribu sayang, aku baru kenal zenius itu sebulan sebelum SBMPTN. Coba aja kalo taunya lebih awal :( 

     Nah, jadi gini ceritanya. Setelah UN itu liburnya panjang banget sampe berlumut aku diem di rumah. Karena aku gak yakin aku bakal lolos SNMPTN, jadi aku ikut bimbel intensif SBMPTN gitu. Tapi aku ngerasa belum cukup sampe itu, saat aku lagi scroll down timeline twitter, ada yang me-retweet tweet dari @zeniuseducation trus langsung aja aku kepoin akun itu sampai sekarang jadi temen baik.

     Oke beralih ke cerita lain. Sebenernya aku udah diterima juga di Pendidikan Biologi UIN Bandung lewat jalur SNMPTN, trus beberapa hari setelahnya datang lagi kabar aku diterima di Diploma IPB via USMI. Nah, muncullah kebingungan. Orang tuaku meminta aku fokus dulu saja belajar SBMPTN, selain aku ngebet pengen ke IPB, orang tua juga mau banget anaknya ini di IPB. Yoweslah dengan berat hati kepada pihak sekolah, aku membuat surat pengunduran diri buat UIN Bandung. Trus kata ayah, diploma IPB itu buat jaga-jaga kalau gak lolos SBMPTN. 

     Saat hari pengumuman SBMPTN, ternyata aku gagal. Trus kata ibu, aku masih harus ikut ujian mandiri IPB, disisi lain aku udah mulai masuk semester matrikulasi di Diploma IPB. Untungnya mata kuliah matrikulasi itu biologi dan kimia, jadi belajar di kuliah bisa sambil belajar buat Ujian Mandiri, aku ngerasa kebantu banget sama Zenius soalnya pas pembagian hasil UAS matrikulasi, Alhamdulillah biologiku A dan insiden kecil di nilai kimia karena aku bolos pas hari ujiannya hahaha. Ini semua bisa ngehapus pandangan orang bahwa zenius cuma buat anak SD sampe SMA doang, boong banget itu, materinya masih kompatibel kok buat anak kuliahan semester awal. bahkan aku belajar buat olimpiade biologi aja dibantu pake zenius tuh.
 :D

     Hari pengumuman UTMI datang, hasilnya masih “mohon maaf”. Ibu langsung nangis denger kabar itu. Rasanya gimana ya, mau nangis tapi engga bisa nangis. Aneh. Setelah itu mulai deh tercium aroma penyesalan udah nolak SNMPTN dan terlambat kenal sama bang Sabda, Pras, Wisnu, Wilona, Yoki, Donnita, dll. Nah itulah sebabnya pas perkenalan aku bilang aku anak program Diploma IPB. Karena aku gagal tembus SBMPTN dan Ujian Mandirinya :( 

     Setelah hampir mau satu semester di sini, aku masih belum mau nyerah buat ngulang tahun depan. Aku sering banget baca artikelnya Glenn tentang ngulang SBMPTN dan aku memutuskan untuk mengulang. Tapi sayangnya ayah kali ini gak merestui kalau aku berhenti kuliah dan lanjut bimbel aja. Jadinya gini deh aku kuliah sambil privat sambil "zeniusan". Wow. 

PS: sampai seterusnya aku bilang kalo belajar pake zenius itu zeniusan 

     Sumpah! Susah banget bagi waktu antara belajar buat ujian sama buat mengikuti materi kuliah. Trus aku pake deh trik dari Glenn buat manfaatin waktu sebaik mungkin. Akhirnya aku sekarang jadi anak kuzen-kuzen (temennya kupu-kupu; kuliah-pulang, tapi kalo ini kuliah-zeniusan :D ) Godaan buat kuzen-kuzen ini banyak banget, dimulai dari ajakan temen buat kunang-kunang, sampai kura-kura di HIMPRO. Untungnya aku sering banget nangkring di depan laptop buat mantengin zeniusBLOG sampai akhirnya aku menemukan artikel yang bagus banget! Aku mulai menjauhi hal yang kurang berguna buat tes tahun depan, sampai aku beli CD Zenius Multimedia. Karena aku tau salah satu godaan terbesarku adalah internet. Yang tadinya mau zeniusan, pasti ada aja mampirnya buat cek line atau IG -____- aku berfikir kalo aku pake CD zenius aku gak perlu pake data Internet, akhirnya aku beli CD Biologi sama CD Fisika di Gramedia Botani Square dengan menyisihkan uang bulanan, aku rela makan mie instan atau bubur instan demi beli CD itu hahaha. Tapi ternyata belum cukup, untuk mata pelajaran Kimia, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, TPA aku masih butuh data internet buat akses Zenius.net tapi balik lagi ke isi artikel di zeniusBLOG, kalo aku masih harus eliminasi gangguan itu dengan menggunakan paket internet sesuai dengan tujuan awal aku membelinya, ya buat zeniusan. Intinya sih harus tau prioritas, dan konsisten.
sumber gambar: www.zenius.net 

     Selain dari penyampaian materi dari konsepnya banget, yang aku suka dari zenius adalah artikel debunk yang selalu membahas sesuatu yang tadinya kita gak disangka-sangka. aku pun sekarang menjadi divisi Penelitian dan Pengembangan di HIMPRO gara-gara aku tertarik buat ikut meneliti setelah aku banyak baca artikel di zeniusBLOG. 
artikel yang menurutku canggih: 

     Sebenernya masih bingung mengakhiri cerita ini gimana, karena perjalananku dengan zenius belum selesai. (semoga) tahun 2016 aku lolos SBMPTN/UM pun zenius bakal terus menjadi temanku sebagai pembelajar. karena selama 7 bulan bergaul sama zenius aku merasa mulai ada peningkatan di bidang akademik maupun pengembangan diri. Yang tadinya aku males belajar itungan kayak matematika dan fisika, sekarang aku jadi suka dan banyak penasaran setelah memulainya dari dasar banget. Trus hidupku jadi lebih teratur. Jadi lebih terarah sama tujuan di masa depan. Aku jadi banyak merencanakan semuanya dengan matang. KEEP INSPIRING, Sob!!

6 komentar:

  1. saya juga persis kayak kamu, keterima snmptn 2015 pilihan pertama (tapi belakangan saya sadar kalo itu bukan minat saya, dodol bgt kan!). Tapi bedanya saya malah gak ikut tes sbmptn 2015 karena udah terlalu banyak bayang2 takut gak keterima.

    oh ya maaf jadi curhat, haha :D
    Salam kenal ya, kita sama2 alumni pejuang sbmptn 2016. hehe
    btw nemu blognya dari zenius. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama di sini tapi snmptn ke 3

      Hapus
    2. Sama di sini tapi snmptn ke 3

      Hapus
    3. salam kenal juga Mizzart, kamu snmptn jurusan apa emang? kalo aku sih udah bener jurusannya tapi waktu itu gatau kenapa gak diambil. nyesel jg jadinya.
      semangat terus bagi waktu kuliah & belajar buat sbmnya! semoga kita lulus ya. aamiin

      Hapus
    4. kamu smnptnnya diambil, Egi? jurusan apa? mau ngulang jg kah?
      salam kenal ya

      Hapus
  2. Salam alumni pejuang sbmptn 2016 :) semoga kita bisa sama-sama keterima yah 😊

    BalasHapus