Kamis, 11 Juni 2015

Perjalanan Menuju Kampus Rakyat

Institut Pertanian Bogor, siapa yang tak tahu? terkenal dengan inovasi-inovasinya di bidang teknologi pertanian beserta hasilnya, menempati peringkat yang bagus di kancah universitas tingkat dunia. universitas yang paling banyak mematenkan inovasinya, universitas yang luas dan hijau oleh pepohonan, universitas yang punya Masjid Al-Huriyyah yang indah itu, universitas yang departemen Ilmu dan Teknologi Pangannya nomor 1 seIndonesia dan paling diminati.

Ya, aku akan bercerita tentang impianku. Ayahku adalah seorang guru sekolah dasar, lahir dari keluarga yang berantakan, kakekku punya banyak istri, tentunya anaknya pun banyak, ayahku tidak mendapat perhatian dari orang tuanya bahkan bisa disebut ditelantarkan. selama kecil sampai dewasa ayah tinggal bersama ibu angkatnya. singkat cerita, karena tidak dibiayai oleh orang tuanya, setelah lulus SMA olahraga, ayah gak langsung kuliah lagi, jadi pas dulu ayah wisuda S1 itu aku udah lumayan gede buat mengingat detail tempat dan kronologis cerita hari itu.

ayahku pun kuliah di universitas biasa, namun gatau kenapa wisudanya di gedung Graha Widya Wisuda milik IPB. singkat cerita lagi, tiba-tiba ibu bilang "nanti kalau udah gede, dede kuliahnya di sini ya"
dan sekarang aku baru sadar arti ucapan ibu, ucapan itu, sebuah doa tulus dari ibu. Kabulkanlah yaAllah.

setelah cerita tentang ayah dan GWW, ibu pun punya cerita tentang IPB. ibuku hanya tamatan SMA, karena ibu tinggal di kampung, tamatan SMA pun menjadi hal langka. kata ibu, saat ibu masih kecil sering ada KKN mahasiswa dari IPB, dan cita-cita ibu dulu mau jadi mahasiswi IPB biar bisa ikut program KKN. mungkin cita-cita masa kecil ibu itu tak tercapai sampai sekarang, tapi ibu mengamanatkan cita-cita itu padaku, ibu bilang aku harus bisa mencapai cita-cita ibu itu. insyaAllah bu, satu langkah lagi.

Saat kelas 1 SMA aku tak ada niat kuliah di IPB, malah dulu aku sangat terobsesi menjadi dokter gigi tamatan FKG UI. halah, tapi sekarang, gak ada bayangan sama sekali aku ikutan simak, dll. aku merasa tak pantas.
tapi, bakat terpendam itu tergali saat awal aku kelas XII, ada dua orang kakak kelasku yang diterima di program diploma IPB, namanya Rima Purnama dan Asih Pratiwi, suatu kebanggaan, meski belum pernah ada yang tembus di S1 setidaknya sudah ada yang tembus di D3. btw aku sekolah di pelosok.

aku sering tanya-tanya pada teh Rima soal IPB, aku udah niat banget. Februari 2015 datang,teh Rima bilang surat undangan USMI tahun lalu datang di awal Februari, aku sudah gelisah mengingat kantor pos di daerahku kurang gesit. akhirnya aku dan ayah pergi ke kampus IPB Dramaga, ternyata program D3 IPB itu gak sekampus sama S1, lalu kami menuju kampus Cilibende, aku menanyakan semua yg perlu aku ketahui, tapi receiver front office-nya kurang ramah hmmm. tapi setidaknya cukup mengurangi rasa penasaran.

aku melihat di timeline twitter IPB akan mengadakan open house dengan harga tiket Rp 25.000 yang cukup terjangkau buatku, aku segera mendaftarkan diri dengan mengajak satu orang temanku, lalu banyak teman yang lain ikut.
disana aku bertemu dengan ribuan calon sainganku, lalu bertemu juga dengan calon kakak tingkatku di departemen biologi, kakaknya ramah banget, tapi aku lupa nanyain nama haha. mereka kepo banget nanya-nanya kenapa aku interest banget sama biologi, nanya pengalamanku di biologi sejauh apa, pernah percobaan dan pengamatan apa, dll pokoknya ramah, baik banget, cantik & ganteng lagi, aku dikasih pin terus kakaknya pesen "berjuang ya des kakak tunggu disini"

nih kakak tingkat aku nanti di Bio IPB. aamiin semoga kakaknya baca deh ya.
 
ok, beralih ke cerita lain, februari sudah hampir usai, tapi surat itu belum datang jua, setiap istirahat kedua aku selalu minta izin keluar sekolah buat ke kantor pos, hanya untuk ngecek udah ada apa belom. sedihnya.
aku juga sering liatin perkembangan twitter @ipbofficial dan nanya ke guru yang bersangkutan, sampai suatu hari aku nangis kejer gara-gara surat undangan belum datang padahal beberapa hari lagi ditutup regist dan pengiriman berkasnya, haha kalo dibayangin lagi malu juga sering banget nangis hampir tiap hari kayaknya, sampai saat pihak sekolah yang cek ke kantor pos, suratnya ada. kan dodol-____-

abis itu aku langsung isi formulir, gak perlu waktu lama soalnya aku udah mempersiapkan berkas apa aja yang perlu dikirim, tapi halangan masih ada, temen-temen yang lain belum pada siap, setelah beberapa hari aku galau nunggu kesiapan berkas temen-temen yang lain, berkas kita siap dikirim kecuali satu orang itu-____- tertunda kembali.

nah, setelah selesai UN aku ikut bimbel intensif gitu di Katalis IPB, aku tinggal sendiri di dramaga udah kayak mahasiswi banget deh pokoknya ada sedikit bahkan banyak rasa bangga di dada meski baru bimbel, apalagi nanti kalau sudah kuliah ya? pas pengumuman SBM pun aku di dramaga, tinggal disana lebih kurang 40 hari lah, berkesan banget. sungguh. banyak pengalaman berharga dan indah dan paling seneng deh pokoknya pas keliling kampus Dramaga:') kampus impianku.

aku tak berjuang pada jalur itu saja, aku daftar PBUSMAK UGM, PMDKPN, dan SNMPTN tentunya. tapi entah apa yang ada dalam pikiranku dulu, kenapa aku gak pilih IPB di SNMPTN??? beneran nyesel banget sekarang. dulu aku mikirnya "yang penting negeri dulu" dan pikiran itu salah besar sekarang. Aku tembus SNMPTN di pendidikan biologi UIN Bandung, tapi??? tak ada niat buat ngambil. parah kan ya?? hati di IPB tapi daftar ke hati lain. payah.
ok kalau mau tau cerita panjangnya liat aja disini atau disini juga bisa.

 ok, ternyata aku dapet kabar aku tembus di teknologi pangan PolNeg Lampung, terus tembus juga di supervisor jaminan mutu pangan IPB, tapi sekarang?? dasar makhluk tak berfikir! ga bisa bersyukur! egois! aku masih mau berjuang buat dapetin biologi IPB. aku dosa gak sih? udah dikasih nikmat banyak banget, diterima langsung di 3 universitas negeri, tapi masih keukeuh dengan impian itu.
pergelutan batinpun sering aku rasakan, namun keyakinan hati ini tetap tegar untuk memilih Biologi IPB. entah kenapa, sejak SMP aku suka banget biologi masih inget dulu pertama belajar biologi tentang sistem 5 kingdom haha padahal aku fobia sama yang namanya hewan! hewan apapun kecuali nyamuk sama semut!!!!! tapi tetep aja mau biologi, di IPB lagi.
banyak yang menentang pilihanku, aku mengerti alasan mereka. tapi masih ada teman-teman yang mendukung dan menguatkanku, menambah keyakinanku akan pilihan itu.

oke, hatiku sudah terkunci di kampus IPB Dramaga, diberi pilihan apapun sepertinya pilihanku ini tak akan goyah, ditambah suatu hal yang membuatku lebih termotivasi untuk terus berjuang. terimakasih:)
sebenarnya rasa takut ini ada, aku takut akan terjadi penyesalan karena keegoisanku ini. lindungi aku yaAllah, yakinkanlah pilihanku ini baik menurutMu dan baik untukku.

ya, SBMPTN sudah lewat dua hari yang lalu, aku sudah pasrah dengan hasilnya, aku serahkan semua pada Allah. yang jelas aku sudah berusaha.
jangan salah, untuk ujian SBMPTN itu membutuhkan perjuangan loh! aku berangkat jam 3 dari rumah dan sampai di lokasi ujian itu jam 5 hampir menuju jam 6 pagi. mana ngerepotin ayah terus. ayah nungguin aku ujian SBM, gak kebayang deh bosennya nunggu 6 jam kayak gimana.
sejak aku tinggal di Dramaga udah gak keitung lagi pengorbanan ayah dan ibu seberapa. mulai dari biaya bimbel, akomodasi, transportasi buat pulang, antar jemput terminal soalnya aku sering pulang karena banyak urusan sekolah seperti wisuda, legalisasi rapot dan SKHUN sementara buat daftar ulang d3, nikahan kakak sepupu, mengeluarkan uang banyak buat daftar ulang d3 ipb dan kalau aku tembus di s1 (aaamiiin) uang itu gak bisa diambil meski setengahnya tapi mereka tetap dukung aku.
apalagi ibu, ibu sering puasa sunnah buat aku, sering ngaji buat aku, dll jadi sedih kadang-kadang takut mengecewakan mereka. yaAllah jangan biarkan aku mengecewakan mereka, kabulkanlah doa mereka.

gambar ini sudah berbulan-bulan menjadi wallpaper di laptop, profil pict di WA, gmail,dll
motivasi banget. nanti harus foto disini lagi dengan almamater biru navy itu! harus!
 
apalagi ya?? perjuanganku belum berakhir, aku masih mau ikut UTMI, jaga-jaga kemungkinan terburuk lah. soalnya aku takut gitu deh astagfirullah. pas motivation training di hutan karet IPB dulu aku udah diajarin supaya terus yakin dan optimis, tapi entah kenapa aku tetap aja takut. hmmmm
apakah ini terlalu tinggi? aku sudah banyak mengecewakan orang-orang sekolah, merugikan. maafkan aku.
                                 aku nulis impian itu di wall of dream di GWW pas open house
oh iya aku lagi suka soundtrack-nya Inuyasha yang "change the world" itu menurutku sih memotivasi banget!!! banget!!!

I want to change the world
Keep on holding on your desire
You will get that shining love n
That you can't wait to know
If you go on to get your goal
It's wonderland!


tapi yang paling dalem sih ini nih
 "Won't get lost if your passion's true" 
ini juga ding
"You will see that your desire will be granted again" 

tuh aku mark-in kata-katanya pake warna navy biar kayak almamater IPB haha. intinya apa ya?? intinya aku udah cinta mati sama IPB. maafkan aku egois. yaAllah semoga pilihanku tepat. aaamiin


2 komentar:

  1. haha Lucu ada, inspiratif ada, aneh BANYAK, seruuu !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih telah menjadi pelanggan setia indosat. ketik *808# untuk mendapatkan jodoh gratis

      asiiiikk hahaha terimakasih sudah membaca. salam blogger cariu!!

      Hapus