Rabu, 27 Juli 2016

Kenapa Kantong Semar Makan Serangga?



Aku inget persis materi ini dipelajari di IPA kelas 6 SD. Dulu Deasy yang polos terima-terima aja tentang itu tanpa bertanya 'why does blah blah blah'. Lalu tiba saatnya aku selalu penasaran dengan realita yang terjadi di sekeliling sampai akhirnya aku nonton acara subuh yang namanya 'Moslempedia' di sana dibahas tanda-tanda kekuasaan Allah pada makhluk hidup, salah satunya kantong semar. Yang aku sayangkan dari acara itu adalah tidak ada pembahasan mendetil yang membuat aku puas. lalu aku mulai search dan timbul keinginan buat bahas ini.

Aku yakin kalian udah tau kenapa bisa serangga masuk jebakan kantong semar itu. Tapi yaudah lah aku kasih tau ulang buat yang lupa, serangga bisa masuk ke dalam kantong semar karena di dalam tubuh kantong semar tersebut terdapat nektar untuk serangga membuat madu. Serangga yang udah masuk susah buat keluar karena dinding-dinding kantong semar itu lengket.

Sebenarnya aku mau bahas apa faedah dari makan serangga itu buat kantong semar? lho kok bisa tumbuhan makan serangga? 
sebelum bahas itu lebih jauh kita udah harus kenal kantong semar lebih dalam dulu. Menurut WIKIPEDIA, kantong semar merupakan tumbuhan pada genus Nepenthes. Ternyata kantong semar punya banyak spesies. Dulu aku mikirnya kantong semar itu yang ada di kartun doang yang buka mulutnya lebar mirip kerang. Habitatnya menyebar luas dari pantai hingga gunung, tanah marginal, dan tempat-tempat yang kekurangan unsur hara seperti N, Ca, Na, P.

spesies Nepenthes edwardsiana

Sebagai tanaman, kantong semar juga tetap melakukan fotosintesis, selain itu juga membutuhkan N untuk diubah menjadi protein. Karena banyak tinggal di daerah miskin, maka untuk memenuhi kebutuhan akan unsur N, Ca, Na, P, dan lainnya mereka memanfaatkan serangga dan hewan lainnya. 

Serangga dah hewan lainnya mengandung banyak unsur yang tidak dimiliki tanah yang ditumbuhi kantong semar, sehingga kantong semar memakannya untuk mendapat unsur tersebut. 
Lalu bagaimana cara kantong semar mencerna serangga? Jadi kantong semar mengeluarkan enzim untuk mencerna serangga tersebut. Misalkan mengeluarkan enzim pepsin untuk mengubah protein menjadi asam amino dan aminopeptidase untuk mengubah asam amino menjadi N. Sehingga terpenuhilah kebutuhannya.

Nah, bahas mekanismenya kan udah, enzim pencernaannya udah, aku mau bahas kenapa protein bisa jadi asam amino dan jadi nitrogen? 
Sebenernya agak telat bahas ini belakangan. Harusnya pembahasan tentang biokimia dasar dipelajari sebelum kita belajar biologi, agar konsepnya nyantol banget. Tapi yoweslah aku bahas sekarang, tapi nanti bakal ada post khusus biokimia dasar.
struktur asam amino

Jadi unsur pembentuk (monomer) dari protein adalah asam amino. Asam amino itu sendiri mengandung atom N di gugus Amina sehingga saat asam amino dirombak dapat dihasilkan nitrogen.

oke, segitu dulu deh ya semoga bermanfaat dan mudah dimengerti. mohon koreksi. Let's share!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar